Nama: Mardiana
Jabatan: guru MIN5 Kota Banda Aceh
Email: ana.aceh80@gmail.com
Latar Belakang Masalah
Permasalahan pandemi civid-19 sepertinya tidak akan pernah berakhir apabila manusia tidak mengikuti anjuran protokol kesehatan, Masyarakat dibuat bingung dengan pandemik ini, di satu sisi berita yang disebarkan covid ini hanya hoax dan disisi lain berita bertambahnya kasus covid sehingga banyak yang jatuh korban. Dalam masalah ini banyak sekali perubahan yang terjadi secara cepat. Pengaruh pandemi merubah semua struktur baik perdagangan, perekonomian, transportasi, hubungan sosial dan dalam dunia pendidikan.
Dalam waktu singkat guru selaku pendidk harus melakukan terobasan untuk membenah diri dalam rangka mendidik generasi bangsa agar tidak tertinggal dalam pendidikan. Guru harus bekeja ekstra dalam berinovasi menciptakan media pembelajaran sehingga siswa terus dalam pendidikan. Guru melakukan berbagai cara untuk menyampaikan pengetahuan pada siswa walaupun dalam prosesnya banyak terjadi rintangan.
Siswa kelas enam pada jenjang Madrasah adalah siswa yang dipersiapkan untuk lulus dengan predikat baik membutuhkan bimbingan secara khusus. Keadaan covid mengharuskan siswa harus menetap dirumah, walaupun dibuat giliran seminggu sekali untuk dapat bertatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Sebagai guru kita harus terus berkelanjutan memberi pelajaran pada siswa agar tidak tertinggal baik yang dirumah maupun yang datang ke madrasah berdasarkan sif yang telah diatur. Jadi permasalahannya adalah bagaimana cara menjalin hubungan pembelajaran dengan siswa yang terdapat dua rombel belajar yang selalu berganti setiap minggunya. Salah satunya langkah yang saya gunakan adalah dengan google formulir yaitu menguji soal yang sebelumnya materi telah diberikan melalui Whatshap bisa berupa power poin, Vidio pembelajaran, dan materi yang ada dibuku paket pada siswa. Selain itu bagaimana mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian akhir nanti.
Tujuan praktik yang baik
Dengan Pelatihan penggunaan Google formulir diharapkan siswa MIN 5 Kota Banda Aceh mampu mengerjakan soal dengan baik dan tepat waktu. Dengan aplikasi ini kita dapat langsung melihat analisis butir soal yang di kerjakan berupa pesentase siswa dalam menjawab. Dari jawaban anak didik yang kita peroleh dapat pula dilakukan umpan balik, baik untuk guru dan siswa. Selain itu hasilnya dapat lakukan program tindak lanjut dengan remedial dan pengayaan.
Penjelasan:
Cara menggunakan google formulir
Langkah 1: Menyiapkan formulir atau kuis baru
Langkah 2: Edit dan format formulir atau kuis, kita dapat menambahkan,mengedit atau
memformat teks, gambar, atau vidio dalam sebuah formulir:
Langakah 3: membuat kunci jawaban:
Langkah 4: Kirim formulir yang telah terisi soal kepada siswa dengan link.
Memberikan nilai kuis, kita dapat melihat ringkasan otomatis untuk semua tanggapan kuis, termasuk pertanyaan yang sering terlewatkan,Grafik yang ditandai dengan jawaban yang benar, dan rata-rata, median dan rentang skor
Menilai tanggapan individu, bila kita mengumpulkan alamat email, kita dapat menetapkan poin dan memberikan masukan pada tanggapan individu. Setelah memberikan nilai pada setiap tanggapan, simpan perubahan. Mengirim hasil melalui email setelah peninjauan:
Mengubah cara membagikan nilai dapat dilakukan dengan cara:
Gambar 1. Guru memberi penjelasan tata cara mengerjakan kuis melalui goolge formulir
Gambar 2. Melakukan uji coba dengan Hp Android dan Laptop
Dalam pelaksanaannya, Karena baru pertama sekali siswa menggunakan perangkat HP dan Laptop dalam proses pembelajaran dan ujian mereka merasa canggung dan ragu-ragu. Ketika proses pembelajaran dirumah disebabkan waktu tidak dibatasi mengerjakan soal mereka lebih enjoi. Akan tetapi dalam pelaksanaan ulangan pertema mereka belum mampu menyesuaikan waktu yang ada dengan jumlah soal yang diberikan karena kita batasi waktu untuk persiapan ujian akhir nanti.
Hasil, dampak atau perubahan dari praktik yang baik
Siswa tidak merasa canggung dan ragu-ragu lagi setelah beberapa kali di Uji dan mereka lebih senang dan leluasa dalam mengerjakan soal, terbukti pada saat ujian Akhir siswa dapat mengerjakan tepat waktu.Walaupun demikian tetap di beri pelatihan-pelathan sehingga saat ujian UAMBK mereka sudah mampu meyesuaikannya.
BIOGRAFI PENULIS
Assalamu’alaikum, Perkenalkan saya Mardiana, biasa dipanggil Mar, saya wanita kelahiran Banda Aceh, 25 Juni 1980, anak keenam dari enam bersaudara, anak dari Abdul Kadir Bin Adam dan Hendon Binti Musa. Ibu dari satu putra yang bernama T.M. Yohadefa Ahdian merupakan istri dari Teuku Yusrizal seorang Wiraswasta. Saya pernah bersekolah di SD 56 Banda Aceh, SMP 12 Banda Aceh, SMA 2 Ingin Jaya dan UIN Ar- Raniry. Sebelumnya saya mengajar di sigli tepatnya di MIN Peudaya Padang Tiji, Disinilah hati saya terpaut dengan seorang pangeran yang bagi saya sangat tampan sehingga bisa berumahtangga dengannya. Sekarang saya mengajar di MIN 5 kota Banda Aceh tepatnya di Ulee Kareng. Karya: Sebelumnya pernah bergabung dengan kelas Antologi bersama pak Cahyadi Takariawan dan sudah terilis satu buku yang berjudul “ Jalan Bahagia” . Tetapi sekarang semenjak bersama grup Guree Aceh Merunoe yang founder-nya Ibu Indra Mardiani, sudah melahirkan beberapa buku antologi yang alhamdulillah terus berlanjut sampai ke buku solo nantinya, Aamin…. Hobi saya membaca, jalan-jalan.
Tinggalkan Komentar