:: Telpon (0651) 24923 Email min5bna@gmail.com
Info Madrasah
Saturday, 03 Jun 2023
  • Selamat Hari Raya idul Fitri 1444 H, Mohon Maaf Lahir dan Batin

MELATIH SISWA DENGAN GOOGLE FORMULIR DALAM MENUNJANG PROSES PEMBELAJARAN DAN PERSIAPAN UJIAN AKHIR DI MIN 5 KOTA BANDA ACEH

Thursday, 3 March 2022 Oleh : admin

Nama: Mardiana

Jabatan: guru MIN5 Kota Banda Aceh

Email: ana.aceh80@gmail.com

Latar Belakang Masalah

Permasalahan pandemi civid-19 sepertinya tidak akan pernah berakhir apabila manusia tidak mengikuti anjuran protokol kesehatan, Masyarakat dibuat bingung dengan pandemik ini, di satu sisi berita yang disebarkan covid ini hanya hoax dan disisi lain berita bertambahnya kasus covid sehingga banyak yang jatuh korban. Dalam  masalah ini banyak sekali perubahan yang terjadi secara cepat. Pengaruh pandemi merubah semua struktur baik perdagangan, perekonomian, transportasi, hubungan sosial dan  dalam dunia pendidikan.

Dalam waktu singkat guru selaku pendidk harus melakukan terobasan untuk membenah diri dalam rangka mendidik generasi bangsa agar tidak tertinggal dalam pendidikan. Guru harus bekeja ekstra dalam berinovasi menciptakan media pembelajaran sehingga siswa terus dalam pendidikan.  Guru melakukan berbagai cara untuk menyampaikan pengetahuan pada  siswa walaupun dalam prosesnya banyak terjadi rintangan.

Siswa kelas enam pada jenjang Madrasah adalah siswa yang dipersiapkan untuk lulus dengan predikat baik membutuhkan bimbingan secara khusus. Keadaan covid mengharuskan siswa harus menetap dirumah, walaupun dibuat giliran seminggu sekali untuk dapat bertatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Sebagai guru kita harus terus berkelanjutan memberi pelajaran pada siswa agar tidak tertinggal baik yang dirumah maupun yang datang ke madrasah berdasarkan sif yang telah diatur. Jadi permasalahannya adalah bagaimana cara menjalin hubungan pembelajaran dengan siswa yang terdapat dua rombel belajar yang selalu berganti setiap minggunya. Salah satunya langkah yang saya gunakan adalah dengan  google formulir yaitu  menguji soal yang sebelumnya materi telah diberikan melalui Whatshap bisa berupa power poin, Vidio pembelajaran, dan materi yang ada dibuku paket pada siswa. Selain itu bagaimana mempersiapkan siswa dalam menghadapi ujian akhir nanti.

Tujuan praktik yang baik

Dengan Pelatihan penggunaan Google formulir diharapkan siswa MIN 5 Kota Banda Aceh mampu mengerjakan soal dengan baik dan tepat waktu. Dengan aplikasi ini kita dapat langsung melihat analisis butir soal yang di kerjakan berupa pesentase siswa dalam menjawab. Dari jawaban anak didik yang kita peroleh dapat pula dilakukan umpan balik, baik untuk guru dan siswa. Selain itu hasilnya dapat lakukan program tindak lanjut dengan remedial dan pengayaan.

Penjelasan:

  1. Membuat kuis dengan menggunakan Google formulir

Cara menggunakan google formulir

Langkah 1: Menyiapkan formulir atau kuis baru

  1. Diponsel atau tablet android, buka browser web seluler, seperti Chrome
  2. Buka forms.google.com
  3. Formulir baru akan terbuka secara otomatis

Langkah 2: Edit dan format formulir atau kuis, kita dapat menambahkan,mengedit atau

memformat teks, gambar, atau vidio dalam sebuah formulir:

  1. Mengedit formulir
  2. Membuat kuis dengan google formulir, disini kita akan memilih lokasi penyimpanan tanggapan formulir

Langakah 3: membuat kunci jawaban:

  1. Untuk menambah pertanyaan, klik tambah pertanyaan +
  2. Isikan pertanyaan dan jawaban
  3. Dikiri bawah pertanyaan. Klik kunci jawaban
  4. Pilih jawaban yang benar
  5. Dikanan atas pertanyaan, plih beberapa poin nilai pertanyaan tersebut.
  6. Opsional berguna untuk menambah penjelsan tertulis atau vidio Youtobe kesebuah jawaban, klik tambah masukkan jawaban
  7. Opsional juga digunakan untuk mengedit opsi pertanyaan atau jawaban , klik edit pertanyaan.

Langkah 4: Kirim formulir yang telah terisi soal kepada siswa dengan link.

Memberikan nilai kuis, kita dapat melihat ringkasan otomatis untuk semua tanggapan kuis, termasuk pertanyaan yang sering terlewatkan,Grafik yang ditandai dengan jawaban yang benar, dan rata-rata, median dan rentang skor

Menilai tanggapan individu, bila kita mengumpulkan alamat email, kita dapat menetapkan poin dan memberikan masukan pada tanggapan individu. Setelah memberikan nilai pada setiap tanggapan, simpan perubahan. Mengirim hasil melalui email setelah peninjauan:

  1. Di google formulir buka kuis
  2. Dibagian atas, klik tanggapan > individu.
  3. Di bagian kanan atas tanggapan dengan alamat email yang tercatat, klik Rilis skor.
  4. Centang kotak disampaing orang yang ingin kita kirim email
  5. Klik kirim email dan rilis

Mengubah cara membagikan nilai dapat dilakukan dengan cara:

  1. Dibagian kanan atas, klik setelan
  2. Klik kuis
  3. Pilih nanti. Setelah peninjauan manual
  4. Simpan
  5. Memberikan penjelasan kepada siswa langkah-langkah mengerjakan soal melalui google formulir

 

Gambar 1. Guru memberi penjelasan tata cara mengerjakan kuis melalui goolge formulir

  1. Pastikan Hp android dan laptop terhubung dengan internet dan memiliki email yang aktif kemudian guru mengirim link melalui grup whatshap, selain itu yang memakai laptop langsung masuk melalui aplikasi Google dengan mengetik link yang sudah di tulis dipapan tulis https://forms.gle/X4qhVess3CXikHEQ9  .
  2. Siswa membuka aplikasi di grup Whashap yang sudah dikirim link
  3. Menekan langsung link sampai keluar gambar!

 

 

  1. Siswa mengisi biodata dan dilanjutkan dengan mengerjakan soal.

 

Gambar 2. Melakukan uji coba dengan Hp Android dan Laptop

Dalam pelaksanaannya, Karena baru pertama sekali siswa menggunakan perangkat HP dan Laptop dalam proses pembelajaran dan ujian mereka merasa canggung dan ragu-ragu. Ketika proses pembelajaran dirumah disebabkan waktu tidak dibatasi mengerjakan soal mereka lebih enjoi. Akan tetapi dalam pelaksanaan ulangan pertema mereka belum mampu menyesuaikan waktu yang ada dengan jumlah soal yang diberikan karena kita batasi waktu untuk persiapan ujian akhir nanti.

 

Hasil, dampak atau perubahan dari praktik yang baik

Siswa tidak merasa canggung dan ragu-ragu lagi setelah beberapa kali di Uji dan mereka lebih senang dan leluasa dalam mengerjakan soal, terbukti pada saat ujian Akhir siswa dapat mengerjakan tepat waktu.Walaupun demikian tetap di beri pelatihan-pelathan sehingga saat ujian UAMBK mereka sudah mampu meyesuaikannya.

 

 

 

 

 

 

BIOGRAFI PENULIS

Assalamu’alaikum, Perkenalkan saya Mardiana, biasa dipanggil Mar, saya wanita kelahiran Banda Aceh, 25 Juni 1980, anak keenam dari enam bersaudara, anak dari Abdul Kadir Bin Adam dan Hendon Binti Musa. Ibu dari satu putra yang bernama T.M. Yohadefa  Ahdian merupakan istri dari Teuku Yusrizal seorang Wiraswasta. Saya pernah bersekolah di SD 56 Banda Aceh, SMP 12 Banda Aceh, SMA 2 Ingin Jaya dan UIN Ar- Raniry. Sebelumnya saya mengajar di sigli tepatnya di MIN Peudaya Padang Tiji, Disinilah hati saya terpaut dengan seorang pangeran yang bagi saya sangat tampan sehingga bisa berumahtangga dengannya. Sekarang saya  mengajar di MIN 5 kota Banda Aceh tepatnya di Ulee Kareng. Karya: Sebelumnya pernah bergabung dengan kelas Antologi bersama pak Cahyadi Takariawan dan sudah terilis satu buku yang berjudul “ Jalan Bahagia” . Tetapi sekarang semenjak bersama grup Guree Aceh Merunoe  yang founder-nya Ibu Indra Mardiani, sudah melahirkan beberapa buku antologi yang alhamdulillah terus berlanjut sampai ke buku solo nantinya, Aamin…. Hobi saya membaca, jalan-jalan.

Tulisan Lainnya

No Comments

Tinggalkan Komentar